Website Resmi RSUD Dolopo Kabupaten Madiun

EMAIL rsud_dolopo@yahoo.co.id
KONTAK 0351-365200, (fax) 0351-369700

Latar Belakang

  • Sejarah RSUD Dolopo

Awal tahun 1971 sebuah pelayanan kesehatan masyarakat berdiri dan menjadi Health Center di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun yang memiliki tugas memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di wilayah Madiun bagian Selatan. Tahun 2001 Health Center berkembang menjadi Puskesmas Perawatan Plus Dolopo dengan hadirnya para Dokter Spesialis, guna memberikan pelayanan kesehatan yang lebih bagi masyarakat. Kemudian pada tahun 2010, Puskesmas Perawatan Plus Dolopo dikembangkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah, berdasarkan Keputusan Bupati Madiun Nomor: 188.45/318/KPTS/402.031/2010 Tanggal 8 Juni 2010 tentang Peningkatan Puskesmas Perawatan Dolopo Menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo Kabupaten Madiun.

Pada awal berdiri sebagai Puskesmas Perawatan Plus tahun 2001, diciptakan pula lambang sebagai identitas Puskesmas Perawatan Plus berupa simbol huruf Q dengan tanda plus di dalamnya. Sejak saat itu simbol huruf Q dengan tanda plus di dalam digunakan secara resmi sebagai lambang oleh Puskesmas Perawatan Plus Dolopo.

Selain adanya lambang yang menggambarkan identitas dari RSUD Dolopo, perlu digunakan sebuah motto yang digunakan sebagai pedoman bagi seluruh civitas RSUD Dolopo. Motto adalah kalimat, frasa, atau kata sebagai semboyan atau pedoman yang menggambarkan motivasi, semangat dan tujuan. Sehingga diharapkan dengan adanya motto ini, seluruh civitas RSUD Dolopo memiliki motivasi, semangat dan tujuan sebagai kesepakatan yang sama guna menjadikan RSUD Dolopo sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan Visi dan Misi yang telah dicanangkan.

Oleh karena itu, perlu kiranya untuk memahami makna dari hari jadi, lambang dan motto RSUD Dolopo yang telah digunakan sebagai tanda pengenal resmi bagi RSUD Dolopo.

  • Hari Jadi RSUD Dolopo

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Madiun Nomor: 188.45/318/KPTS/402.031/2010 Tanggal 8 Juni 2010 tentang Peningkatan Puskesmas Perawatan Dolopo Menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo Kabupaten Madiun, maka secara langsung tanggal 8 Juni dijadikan sebagai hari jadi RSUD Dolopo Kabupaten Madiun.