Berita

Senam Pagi untuk Pasien Covid-19 di RSUD Dolopo Kabupaten Madiun

Dalam rangka menghibur dan meningkatkan kesehatan para pasien Covid-19 di RSUD Dolopo diadakan Senam untuk para pasien Covid-19 yang bertempat di lapangan belakang gedung Instalasi Covid-19 RSUD Dolopo. Senam tersebut diinstrukturi oleh Mbak Sukma yang dulunya adalah bidan di kandungan. Senam untuk pasien Covid-19 di RSUD Dolopo diadakan kurang lebih sebulan sekali pada pukul 07.00-09.00. Pada hari Sabtu (14/11/2020) pasien Covid-19 RSUD Dolopo tidak hanya diajak senam, tapi juga diajak bermain bersama untuk menghibur pasien agar tidak jenuh ataupun bosan apalagi stress.

Mbak Sukma selaku instruktur senam Covid-19 menyampaikan beberapa motivasi, menghibur, dan jika ada waktu longgar para pasien diajak ngobrol dan tetap memberikan semangat agar cepat sembuh dan bisa kembali pulang bertemu dengan keluarganya di rumah.

Dengan teriknya matahari pada pagi hari itu, pasien Covid-19 tetap semangat mengikuti senam dan permainan yang ada. Hal pertama yang dilakukan adalah senam, lalu kemudian berbagai permainan seperti berhitung, bermain dengan menggunakan balon, melempar kantong plastic yang berisi air, dan yang terakhir melepaskan balon ke udara secara bersamaan.

Kegiatan tersebut awal mula dilaksanakan secara rutin tiap bulannya pada bulan Juni hingga sekarang dan kurang lebih sudah berlangsung selama 5 bulan ini.

Awal mula Mbak Sukma ditugaskan ke Instalasi Covid-19 pada bulan April. Yang dirasakan ketika ditugaskan ke Instalasi Covid-19  tentu saja merasa shock, takut, dikucilkan orang sekitar, apalagi di rumah punya anak yang masih kecil. Akan tetapi lambat laun semua sudah menyadari tentang adanya pandemi Covid-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pasien yang di rawat di sini itu sesekali saya ajak bicara, ngobrol, menghibur agar tetap semangat untuk sembuh. Di sini semua kebutuhan sudah tercukupi mulai dari makanan, minuman, obat-obatan dan lain-lain guna untuk meningkatkan imunitas.” Kata Mbak Sukma selaku Instruktur Senam Covid-19 di RSUD Dolopo Kabupaten Madiun.