Berita

RSUD Dolopo Mengadakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkup Perumda Kabupaten Madiun

Dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkup Perumda Kabupaten Madiun, maka RSUD Dolopo mengadakan sosialisasi penanganan Covid-19 bersama dengan tiga instansi yaitu Perumda Obyek Wisata Umbul, Perumda Tirta Dharma Purabaya, dan Perumda BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun. Untuk hari pelaksanaan sosialisasi tersebut terbagi menjadi tiga yaitu Perumda Obyek Wisata Umbul hari Rabu (16/12/2020), Perumda Tirta Dharma Purabaya Kamis (17/12/2020), Perumda BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun Sabtu (19/12/2020). Sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 bertempat di masing-masing instansi lingkup Perumda Kabupaten Madiun.

Dalam acara sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkup Perumda dihadiri oleh karyawan masing-masing instansi tersebut. Narasumber kegiatan dari Pemda (Asisten) dan Dinas Kesehatan Direktur RSUD Dolopo Kabupaten Madiun. Yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi sehingga berjalan dengan lancar, juga ada sedikit senam untuk relaksasi agar tidak terlalu tegang.

dr. Purnomo Hadi selaku direktur RSUD Dolopo Madiun dalam sosialisasi tersebut memaparkan tentang penanganan pasien Covid-19 yang ada di RSUD Dolopo mulai datang, masuk IGD, dirawat hingga sembuh, dan pulang. Dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Dolopo didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap dan SDM dokter spesialis yang lengkap.

Alur pasien Covid-19 datang ke rumah sakit yaitu adanya rujukan dari puskesmas atau rumah sakit lain  (Melalui SISRUTE( Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi Nasional), bisa juga dengan data pendukung berupa rapid test, hasil swab, laboratorium, dan foto thorax. Saat pasien tiba di IGD Covid, pasien melalui pemeriksaan awal, screening Covid, laboratorium, rapid test, dan foto thorax.

Untuk tanda awal pasien mengarah ke pasien suspek Covid-19 yaitu mengalami adanya keluhan pernafasan seperti batuk/pilek/sesak/panas, sedangkan yang mengalami non pernafasan seperti badan nyeri, gampang capek, hilang penciuman dan perasa, penurunan kesadaran, sering lemas, vertigo dsb. Sedangkan untuk pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dipindahkan ke Gedung Perawatan Covid-19 dengan menggunakan ambulan khusus. kriteria untuk pasien terkonfirmasi adalah hasil swabnya dinyatakan positif, keluhan ada batuk /pilek /sesak /panas, serta hasil laboratorium dan foto thoraxnya terlihat sudah ada sedikit atau banyak infiltrate perifer (kabut putih-putih).

Adanya Terkomprehensif (Terapi comprehensive) yaitu terapi dengan pendekatan kerohanian untuk ketenangan batin dan kestabilan psikis seperti pemutaran ayat suci Al-Qur’an, sholat 5 waktu, kunjungan dan doa bersama sehari sekali oleh petugas kerohanian. Perawatan yang menyenangkan untuk mengurangi stres dan meningkatkan imunitas tubuh seperti adanya mini outbond, senam bersama setiap pagi di luar ruangan, menyediakan ruang dan alat olahraga, juga menyediakan ruang dan alat untuk karaoke.

Lalu jika pasien telah dinyatakan sembuh dengan hasil laboratorium, foto thorax, dan hasil swabnya mulai membaik boleh pulang dan tetap harus isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan jumlah hari yang telah ditentukan oleh dokter.

Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh menyampaikan testimoninya terhadap perawatan dan pelayanan yang diberikan oleh RSUD Dolopo. Mereka merasa puas dengan pelayanan di RSUD Dolopo, makanan terjamin, dokter yang baik, perawat yang ramah, dan adanya terkomprehensif agar pasien tidak jenuh dan stress juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.