Berita

Pencegahan terhadap kasus Covid-19 di Kabupaten Madiun Terutama di RSUD Dolopo

Bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Madiun mengalami peningkatan yang dirasa cukup banyak. RSUD Dolopo sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Madiun mengalami hal tersebut. Dilihat dari jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Madiun mulai per tanggal 1 September 2020 hingga 1 November 2020, yang saat ini mengalami peningkatan.

Berdasarkan data kasus terkonfirmasi se-Kabupaten Madiun per tanggal 1 September 2020 jumlah kasus terkonfirmasi ada 78 kasus, per 1 Oktober 2020 berjumlah 115 kasus terkonfirmasi, dan hingga per 1 November 2020 jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 146 kasus. Peningkatan jumlah bertambahnya kasus yang terjadi pada bulan September ke Oktober yang berarti selama sebulan mengalami peningkatan sebanyak 37 kasus terkonfirmasi Covid-19 dan penurunan jumlah bertambahnya kasus Covid-19 pada bulan Oktober ke November 2020 sebanyak 31 kasus konfirmasi.

Padahal itu masih per tanggal 1 September 2020, 1 Oktober 2020, dan 1 November 2020 belum data kasus terkonfirmasi yang bertambah setiap harinya. Bagaimana dengan hari-hari selanjutnya dan bahkan bulan-bulan yang akan datang? Apakah akan tetap terus bertambah??

Walaupun mengalami penurunan jumlah kasus yang bertambah pada bulan Oktober ke November daripada bulan September ke Oktober, akan tetapi dirasa cukup kurang karena jumlah kasus terkonfirmasi terus bertambah per bulannya. Seharusnya bisa berkurang lebih jika semua orang mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar. Kewaspadaan semua orang harusnya semakin ditambah supaya meminimalisirkan penyebaran virus ini dan juga agar kasus terkonfirmasi tidak bertambah banyak.

Kami segenap petugas medis maupun non medis juga seluruh karyawan yang bekerja di RSUD Dolopo turut prihatin, karena terus bertambahnya pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Madiun. Untuk itu perlunya pencegahan penyebaran Covid-19 secara benar dengan menerapkan 4M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Menhindari kerumunan). Perlu juga penerapan pemakaian masker dengan benar yaitu harus menutup bagian hidung dan mulut pada saat di luar rumah entah seberapa dekat dan jauhnya jarak dari rumah. Usahakan memcuci tangan di mana pun berada dan jika tidak ada tempat mencuci tangan, yaitu usahakan membawa handsanitizer ke manapun.

Dua barang yang wajib dibawa pada saat keluar rumah selain HP dan dompet yaitu masker dan handsanitizer. Dua barang tersebut yang seharusnya tidak boleh dilupakan dan memang wajib dibawa pada saat musim yang sekarang guna melindungi sekaligus pencegahan terhadap penyebaran virus corona.