Berita

dr. Fadlia Yulistiana,Sp.P.,M.Kes. : Tokoh Utama Keberhasilan Penanganan Pasien Covid di RSUD Dolopo

Dengan maraknya virus Corona tersebar luas hampir semua negara di dunia, RSUD Dolopo Kabupaten Madiun terpilih sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Madiun. Dokter yang menangani Covid-19 di gedung Instalasi Covid-19 RSUD Dolopo yaitu dr. Fadlia Yulistiana,Sp.P.,M.Kes. yang sudah bekerja di RSUD Dolopo sebagai dokter spesialis paru sejak Februari 2017.

dr. Fadlia Yulistiana,Sp.P.,M.Kes. yang saat itu dalam kondisi hamil besar, bersama rekan kerja semua tim ditugaskan ke gedung instalasi Covid-19 RSUD Dolopo sejak 9 April 2020 lalu hingga sekarang. Kasus Covid-19 yang sudah ditangani di RSUD Dolopo berjumlah 300 kasus berdasarkan konfirmasi dan suspek hingga hari Rabu (18/11/2020). Sedangkan yang masih dirawat di RSUD Dolopo tanggal 18 November 2020  berjumlah 23 orang terkonfirmasi dan 8 orang suspek.

“Awal pandemi, perasaan takut ya ada. Apalagi waktu itu saya mempunyai bayi umur 2 minggu. Informasi mengenai penyakit ini masih terbatas. Tetapi karena ini memang sudah menjadi kewajiban saya, saya harus menjalankan tugas ini sebaik-baiknya dengan lebih memegang teguh protokol kesehatan” jawab dr. Fadlia selaku dokter spesialis paru yang menangani Covid-19 tentang apa yang dirasakannya pada saat awal pandemi Covid-19.

dr. Fadlia menyampaikan bahwa pandemi ini dampak negatifnya tentu saja ada banyak, akan tetapi kita di sini sebaiknya mengambil hikmahnya atau dampak positifnya saja. Salah satunya, bisa lebih banyak waktu di rumah dan dekat dengan keluarga, dan masih banyak yang lainnya.

“Kesulitan yang dialami bersama rekan kerja semua tim tentunya ada banyak, terutama di awal pandemi penatalaksanaan ruang isolasi. Untuk sekarang masih banyak pasien yang diisolasi merasa sok tahu tentang penyakit ini, tidak melaksanakan protokol dengan baik, merasa tidak peduli dan tidak percaya adanya Covid-19 apalagi banyak berita-berita yang beredar di sosial media maupun di internet.” Kesulitan yang disampaikan dr. Fadlia bersama rekan kerja semua tim di gedung instalasi Covid-19.

Salah satu upaya semua tim untuk meningkatkan kesehatan juga menghibur pasien adalah dengan memberikan motivasi. Memberikan motivasi kepada pasien itu pasti dan selalu hampir setiap saat dan setiap orang. Pasien covid di RSUD Dolopo tiap hari ada kegiatan di luar ruangan setiap pukul 09.00 WIB, seperti senam, permainan maupun aktivitas lainnya yang membuat pasien merasa senang dan tidak bosan. Untuk pasien yang diisolasi bukan berarti dikucilkan tapi memang diisolasi untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan untuk menjaga orang sekitar agar tidak tertular penyakit tersebut. Dan meyakinkan bahwa penyakit ini bukanlah penyakit yang menjijikkan tapi juga bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar serta dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kemungkinan bahwa pandemi ini merupakan teguran dari Tuhan Yang Maha Esa agar kita sebagai makhluknya bisa meningkatkan keimanan dan ibadah kita juga tetap mengambil segala hikmah yang ada. Jangan lupa tetap menerapkan 4M yaitu menjaga jarak aman, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan di mana pun berada agar meminimalisir penyebaran virus ini.