SEKILAS INFO

     » "Gerakan Peduli TBC, Menuju Indonesia Sehat" Hari TBC Sedunia 24 Maret
Sabtu, 25 November 2017 - 12:00:53 WIB
HUT Dharma Wanita RSUD Dolopo : Papsmear Gratis Deteksi Dini Kanker Serviks

Diposting oleh : Amirul Arifin, S.Kom
Kategori: umum - Dibaca: 415 kali

Pap smear adalah sebuah prosedur untuk pemeriksaan awal kanker serviks (leher rahim) pada wanita. Manfaat Pap Smear adalah deteksi dini kanker serviks yang sangat penting untuk pengobatan sejak pra kanker, jadi peluang kesembuhan menjadi lebih besar. Pemerikasaan pap smear juga dapat mendeteksi perubahan sel-sel leher rahim yang kemungkinan dapat berubah menjadi kanker di masa depan.

Di Indonesia diperkirakan terjadi 21.000 kasus kanker serviks tiap tahunnya dan mayoritas diketahui dalam stadium yang sudah parah sehingga mempersulit pengobatannya dan mengakibatkan kematian. Pada tahun 2014 data dari Kemenkes lebih dari 92.000 perempuan Indonesia meninggal karena kanker dengan 10,3 persen diantaranya karena kanker serviks.

Dengan melihat pentingnya deteksi dini kanker terutama kanker serviks, Dharma Wanita Persatuan RSUD Dolopo dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya mengadakan Pap Smear gratis pada hari Sabtu 25 November 2017 yang dibuka oleh Ibu Direktur RSUD Dolopo sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan RSUD Dolopo. Pap smear gratis ini akan diagendakan rutin pelaksanaannya setiap tahun sekali, hal ini sebagai upaya untuk menjaga kesehatan khususnya peserta dharma wanita RSUD Dolopo. Dalam penyelenggaraan perdana ini, 15 peserta dengan antusias mengikuti pap smear. Semoga melalui dharma wanita perempuan Indonesia semakin sehat dan produktif dalam mengisi pembangunan Indonesia. Selamat hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan RSUD Dolopo.