SEKILAS INFO

     » "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" Hari Kesehatan Nasional Ke-53
Kamis, 19 Oktober 2017 - 11:44:03 WIB
Bimbingan Rohani Menyempurnakan Usaha Kesembuhan Pasien RSUD Dolopo

Diposting oleh : rash_mad
Kategori: umum - Dibaca: 121 kali

Dalam upaya untuk membantu kesembuhan pasien rawat inap di RSUD Dolopo, selain melakukan ikhtiar tindakan medis juga diadakan pendekatan spiritual untuk membantu kelancaran proses kesembuhan pasien. RSUD Dolopo saat ini mempunyai petugas Pembina Rohani yang mempunyai peran :

1. Menyadarkan pasien agar pasien dapat memahami dan menerima cobaan yang sedang dideritanya, ikut serta membantu memecahkan dan meringankan problem kejiwaan yang sedang dideritanya.

2. Memberikan pengertian dan bimbingan penderita dalam melaksanakan kewajiban keagamaan harian yang harus dikerjakan dalam batas kemampuannya.

3. Perawatan dan pengobatan dikerjakan dengan berpedoman tuntunan Islam, memberikan makan, minum obat dibiasakan diawali dengan "Bismillahirrohman-nirrahim" dan diakhiri dengan bacaan "Alhamdulillahirobbilalamin".

Menunjukkan perilaku dan bicara yang baik sesuai dengan kode etik kedokteran dan tuntunan agama.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan rohani Islam mempunyai fungsi sebagai pencegahan, membantu dan memecahkan masalah, membantu dan mengembangkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi oleh pasien. Dalam pelaksanaannya supaya bimbingan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan pasien, serta melihat bagaimana kemampuan yang berhubungan dengan apa yang diinginkan, yang semua itu dapat diterapkan pada bimbingan rohani di rumah sakit. Selain hal tersebut yang menjadi fungsi fundamental bimbingan rohani adalah membantu individu dalam memecahkan masalahnya sehingga tidak memungkinkan menjadi sebab munculnya masalah baru. (Zainul)